Shear Connector Bondek

Shear connector untuk kebutuhan industrial dan konstruksi, beberapa istilah yang sering menggantikan istilah shear connector adalah shearing stud atau stud bolt atau istilah lain adalah penghubung geser.

Ukuran shear connector dispesifikasikan dari diameter stud dan panjangnya, tergantung aplikasi engineering atau konstruksi di lapangan. Sedangkan aplikasi shear connector adalah sebagai penghubung gaya geser untuk menguatkan posisi coran beton yang menempel pada hermes yang telah direncang khusus untuk menghasilkan kekuatan bagunan atau konstruksi.

Lebih jauh tentang aplikasi shear connector ini bisa dilihat lebih detail di info engineering konstruksi untuk jembatan, jalan tol, rel kereta cepat, bangunan bertingkat, dam air dan lain sebagainya.

Mengenal Pengertian Dan Fungsi Shear Connector Girder Jembatan

Salah satu item suatu proyek jembatan adalah girder atau gelagar, suatu girder dirancang sesuai dengan syarat atau dengan standar yang berlaku seperti AASTHO 5 2010 atau RSNI T-02-2005 yang biasa digunakan untuk perencanaan jembatan.

Girder sangat berpengaruh terhadap struktur kekuatan jembatan, oleh karena itu sangat perlu diperhatikan terkait teknik perencanaan dan pemasangannya di lapangan. 

Setelah dilakukan pemasangan gelagar/girder jembatan diperlukan teknik untuk mengkoneksi gelagar dengan struktur plat lantai di atasnya dengan menggunakan “shear connector”. 

Shear connector girder jembatan adalah alat yang digunakan untuk menghubungkan girder dan tulangan plat lantai beton jembatan untuk menahan gerakan beban dan dipasang gelagar melintang sehingga terbentuk aksi komposit jembatan.

Umumnya perencanaan jembatan dilakukan penentuan data teknis jembatan, permodelan struktur dan perancangan akhir untuk mendapat kapasitas kekuatan jembatan.

Perencanaan jarak dan dimensi shear connector gelagar jembatan biasanya direncanakan oleh seorang yang ahli di bidang struktur jembatan sebelum diproduksi menggunakan standar perencanaan jembatan yang umum digunakan.

Pada pekerjaan pemasangan bekisting dan pembesian, selanjutnya akan dilanjutkan dengan dilakukan pengecoran.

Perencanaan konstruksi jembatan yang baik akan memperoleh desain yang lebih efisien dan ekonomis.

Jembatan yang memiliki struktur yang baik akan lebih tahan lama dan aman saat menahan beban lalu lintas diatasnya.

Both comments pings are currently closed.
×

Hello!

Silahkan kirim WhatsApp atau kirim email ke sales@raflinatama.com

× Ada yang bisa kami bantu?